top of page
Search
  • Writer's picturejulesarkley

TIPS BELAJAR MATEMATIKA AGAR MUDAH MEMAHAMI SOAL HOTS


Untuk mendukung keterampilan abad 21, HOTS sedang aktif diperbincangkan di dunia pendidikan Indonesia. HOTS sendiri merupakan singkatan dari Higher Order Thinking Skills atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Dari namanya sudah jelas bahwa soal ini menuntut siswa untuk berpikir lebih kritis, tidak hanya sekedar menghafal dan meniru setiap langkah ketika menyelesaikan suatu soal.


Kemampuan menganalisis masalah seperti itu sangat penting untuk masa depan, agar kita dapat menyelesaikan semua masalah yang kita hadapi secara sistematis, logis, dan terstruktur.


Lalu apa bedanya HOTS dengan soal biasa? 


Soal biasa di sini kita sebut dengan soal LOTS (Lower Order Thinking Skill) atau Kemampuan Berpikir Tingkat Rendah. Berikut ini perbedaan antara soal LOTS dan soal HOTS.

Soal Matematika LOTS

4x + 5y =110

5x + 4y = 115

2x + y = ?

Solusi:

(4x + 5y = 110) x 5 = 20x + 25y = 550

(5x + 4y = 115) x 4 = 20x + 16y = 460

9y = 90

y = 90 : 9

y = 10

Substitusikan y = 10 ke dalam salah satu persamaan

4x + 5(10) = 110

4x + 50 = 110

4x = 110 – 50

4x = 60

x = 60 : 4

x = 15

Jadi nilai dari 2x + y = 2(15) + 10 = 30 + 10 = 40

Nah, lalu seperti apa contoh soal HOTS? Perhatikan contoh berikut ini.

Andi yang bekerja di Jepang berniat ingin pulang ke Indonesia. Andi mengetahui bahwa waktu di negara Jepang 3 jam lebih cepat daripada waktu di negara asalnya yaitu Indonesia. Setelah diamati, sebuah pesawat terbang berangkat dari Jepang pada pukul 5 pagi dan tiba di Indonesia 4 jam kemudian. Jika Andi berangkat dari Jepang pukul 5 pagi, pukul berapakah Andi tiba di Indonesia?

A. 02.00

B. 06.00

C.05.00

D. 07.00

Jawaban: B

Soal di atas membutuhkan logika berpikir terlebih dahulu untuk menjawabnya karena ada beberapa kondisi berbeda yang terdapat dalam sebuah premisnya.

Pada soal di atas tertera “waktu di negara Jepang 3 jam lebih cepat daripada negara Indonesia”. Hal ini berarti jika di negara Jepang menunjukan pukul 05.00 maka di negara Indonesia menunjukan pukul 02.00. Jika lama perjalanan adalah 4 jam maka waktu akan menunjukan pukul 06.00 saat tiba di negara Indonesia.

Nah, sudah jelas kan perbedaan antara soal LOTS dan HOTS?

Secara umum soal HOTS mempunyai ciri – ciri sebagai berikut.

  • Menggunakan penalaran dan logika untuk pengambilan keputusan atau evaluasi.

  • Menggunakan penalaran dan logika untuk menyusun strategi dalam pemecahan masalah.

Tips matematika saat menghadapi soal HOT


Untuk menjawab soal, selalu ada tips dan triknya, begitu juga untuk menghadapi soal-soal HOTS, khususnya pada bidang kemampuan numerik atau matematika. Berikut beberapa tips matematika agar mudah memahami soal HOTS.


Riset kata kunci (Keywords)

Soal HOTS seringkali memiliki alur yang panjang dan penggunaan kata yang membingungkan, sehingga membutuhkan kemampuan analisis yang tinggi untuk membacanya. Namun, selalu ada kata kunci dalam setiap cerita yang terdapat pada soal-soal HOTS yang memudahkan kita memahami konteks soal.


Misalnya:

Peduli lingkungan tidak mengenal batas usia, siapapun bisa melakukannya. Misalnya, Danu Subroto, bocah 11 tahun asal Surabaya, mengumpulkan lebih dari 700 kg kertas bekas dan lebih dari 100 kg sampah plastik tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apapun untuk menjaga lingkungan, sebesar apapun usaha kita, pasti akan berdampak pada lingkungan,” ujar bocah 11 tahun yang masih duduk di bangku kelas enam SD ini belajar berbicara. .


Berdasarkan teks di atas, kita dapat mengidentifikasi kata kunci yaitu minat terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan sifat kata yang lengkap dan sering diulang.


Memahami konsep tanpa menghafalnya

Tips belajar ini bisa dijadikan tips matematika saat menyelesaikan soal HOTS, karena pada dasarnya jika kita memahami suatu konsep matematika tidak perlu menghafal semua rumus matematika yang ada. 

Intinya setiap rumus yang digunakan dalam matematika itu saling terintegrasi satu sama lain.

Contoh:

Hitunglah luas permukaan sebuah kubus dengan panjang rusuk 2 cm.

Jawab:

Kubus mempunyai 6 permukaan seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut ini.


Jadi tinggal menghitung luas tiap bidang dengan rumus sisi x sisi, lalu dijumlahkan tanpa harus hafal rumusnya.


Pemecahan masalah secara sistematis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, soal-soal HOTS seringkali terdiri dari rangkaian kasus atau cerita panjang. Oleh karena itu, ketika menjawab soal-soal HOTS, perlu dilakukan analisis dan klarifikasi argumentasi secara sistematis sebelum membuatnya.


Contoh soal:


Dalam satu kandang terdapat 40 ekor burung beo. 15 diantaranya adalah burung jantan. Diantara burung jantan tersebut terdapat 7 ekor dengan bulu berwarna putih. Banyaknya burung berbulu putih adalah 22 ekor, banyaknya burung betina tak berbulu adalah...


Membalas:

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diperlukan analisis matematis yang sistematis untuk dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.


Misalnya kita pisahkan dulu jumlah jantan dan betinanya, lalu buat garis burung putih dan bukan putih.


Jumlah jantan kulit putih = 7 ekor


Jumlah burung putih = 22 ekor


Jumlah atap putih = 22 – 7 = 15 ekor


Jumlah betina tak berbulu putih = 40 – 15 – 15 = 10 ekor


Baca pertanyaan dengan hati-hati

Kedengarannya sepele, tapi tidak ada salahnya berhati-hati saat membaca soal. Terkadang orang menganggap soal HOTS sulit dikerjakan, padahal jika diperhatikan dengan seksama, ada banyak soal HOTS yang bisa dikerjakan dengan mudah tanpa harus membaca keseluruhan cerita soal yang tertera. Periksa jawabannya

Jangan terlalu heboh kalau kita sudah memperbaiki soal HOTS. Pastikan jawabannya benar-benar menjawab pertanyaan dalam pertanyaan. Harap luangkan waktu untuk memeriksa ulang jawaban Anda sehingga Anda tidak membuat kesalahan yang akan mencegah Anda mendapatkan poin perawatan.


Latih beberapa pertanyaan

Trik matematika untuk menjawab soal HOTS terbaru dengan mudah adalah dengan berlatih soal sebanyak mungkin. Soal-soal HOTS bervariasi, misalnya menuntut siswa banyak berlatih untuk menjawab soal-soal HOTS. Siswa juga harus memiliki stamina yang tinggi untuk menjawab soal-soal HOTS yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Nah dengan banyaknya soal-soal latihan ini, kami harap kalian akan lebih mudah dan familiar dengan jenis-jenis soal HOTS yang kompleks.


Apa tips belajar matematika yang membantumu memahami soal-soal HOTS di atas dengan mudah?


Untuk lebih mengenal soal-soal HOTS, platform Alef Education Alef memiliki banyak video pembelajaran matematika menarik yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar matematika untuk memahami soal-soal HOTS dengan mudah. Selain itu, konten tes pemahaman bacaan Anda di platform Alef menyediakan minimal 1 soal HOTS per nomor kartu untuk membantu guru dan siswa membiasakan diri dengan pola soal HOTS selama proses pembelajaran. Dalam platform Alef terdapat video animasi penjelasan matematika untuk kelas 7 dan 8 SMP/MT serta fun games yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Pendaftarannya juga mudah, tinggal request kode akses melalui alef.co.id atau Alef Success Coach di daerah Anda. Kemudian, Anda dapat langsung membagikan tautan kelas yang dibuat kepada siswa Anda agar mereka dapat langsung merasakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan mengasyikkan dengan platform Alef. 


2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page